banner 728x250

Di hari Sumpah Pemuda Tim Tari SMA Negeri 84 Menjuarai lomba Tari

JAKARTA, Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ektrakulikuler Tari Saman (Ekskul Tari Ratoh Jaroe) SMA Negeri 84 Jakarta berparitisipasi mengikuti Lomba Tari di SMA Hang Tuah I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu pagi (28/10/2023). Kemudian pada Minggu malamnya, dikabarkan melalui pesan elektronik mendapat Gelar Juara I.

“Tidak menyangka Kak, karena lawan dilombanya lumayan terkenal bagus-bagus, dan termasuk surprise banget lagi tampil di acara alumni kemarin dapet kabar juara 1”, ungkap syukur Ketua Ekskul Tari Saman, Nazwailla Selvia Adhibrata Kelas XII-IPS 3 kepada Cakrawala.co

banner 325x300

Berjumlah 20 orang siswa dari Kelas X hingga Kelas XII dan didampingi 2 orang Syeikh atau pelatih yang juga alumni Tari Saman, yaitu Kak Vidi Pangestu dan Kak Fathur Shihab. Ekskul Tari Saman SMA Negeri 84 menampilkan 4 Ragam Tarian dengan diiringi lagu Amin Lale, Angin Kapoet, Masjid Madinah dan I Laoet.

Usai Lomba pada hari yang sama Sabtu, (28/10/2023), Adik-Adik ini kemudian bergegas ke acara Kakak-Kakak Alumninya yang akan melangsungkan Pengukuhan Pengurus Iluni SMA Negeri 84 Jakarta di Aula Ali Sadikin, Kantor Walikota Jakarta Barat

Dengan penuh Suka Cita, mereka menampilkan ketangkasan keserasian, keharmonisan dan kebersamaan dalam gerakan dan kreatifitas bentuk ragam tarian mereka tampilkan mengundang tepuk gemuruh para undangan, paguyuban guru, dewan pembinda dan dewan penasehat serta para pengurus ILUNI SMA Negeri 84 Jakarta yang hadir.

Penampilan Ekskul Tari Saman juga mendapat sambutan meriah dan decak kagum dari Kepala Suku Dinas Pendidikan I Jakarta Barat, Junaidi yang hadir mewakili Walikota Jakarta Barat Uus Kusmanto yang berhalangan hadir.

Begitu juga Ketua Umum ILUNI SMA Negeri 84, M. Ichwan Ridwan yang biasa disapa Bang Boim mengapresiasi atas prestasi adik-adik Ekskul Tari Saman.

“Selamat dan Sukses untuk adik-adik Ekskul Ratoh Jaroe SMA Negeri 84. Saya berharap prestasi adik-adik tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di tingkat nasional dan internasional” harap Bang Boim.

ILUNI SMAN 84 akan mendorong dan memberikan bantuan kepada para adik-adiknya yang masih sekolah dan para alumni yang memiliki kualitas dan layak untuk diperjuangkan sebagai kader dan tokoh-tokoh baik di instansi, lembaga pemerintahan dan non-pemerintah, legislatif maupun eksekutif yang akan membawa nama organisasi lebih baik dan lebih besar sehingga dapat diakui di Jakarta dan di seluruh Indonesia.

Apresiasi juga datang dari pihak sekolah oleh Wakil Kepala SMA Negeri 84 Bidang Kesiswaan, Priyono, S.Pd., M.M. yang biasa disapa Pak Pri.

“Apresiasi dan penghargaan setingginya kepada Ratoh Jaroe atau Tari Saman SMA Negeri 84 Jakarta yang telah berhasil meraih penghargaan dari berbagai event dari tahun ke tahun selalu mendapat penghargaan yang cukup terhormat juara satu, juara dua dan seterusnya”, ujar Pak Pri.

Pak Pri menambahkan, Ekskul Tari Saman SMA Negeri 84 Jakarta mendapat penghargaan dan undangan langsung dari Gubernur Provinsi Aceh NAD, nanti pada tanggal 25 November 2023 akan diberikan kesempatan tampil di Anjungan Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Pak Pri juga memohon doa dan dukungannya agar Ekskul Tari Saman atau Ratoh Jaroe SMA Negeri 84 Jakarta merepresentasi yang setinggi-tinginya, mendapatkan juara dan penampilan terbaik pada setiap event.

Untuk diketahui, Ekskul Tari Saman di SMA Negeri 84 pertama kali dibentuk tahun 2012, dengan dengan beranggotakan 15 orang penari. Pelatih pertama kala itu, Kak Rien dan dilanjutkan oleh Kak Leila pada 2015. Setiap tahunnya, ekskul ini dibina oleh pembina yang terpilih. Pembina Ekskul tahun pertama adalah Ibu Syarifah dan pada angkatan tahun 2023 ekskul ini dibina oleh Ibu Elvira Desi Natalia, S. Pd.

Estafet transisi kepelatihan kemudian beralih kepada Kak Vidi Pangestu dan Kak Fathur Shihab pada 2017-2018 hingga detik ini.

Anggota baru setiap tahunnya mencapai 15-30 anggota. Biasanya dari jumlah anggota itu dapat dibagi menjadi 2 tim yang beranggotakan 15 – 20 orang pertimnya. Ekstrakurikuler ini tidak jarang pula mendapatkan penghargaan-penghargaan dari hasil lomba yang diikuti.

Terhitung sejak awal berdiri, ekstrakurikuler tari Ratoh Jaroe ini telah menyumbangkan kurang lebih 60 piala dari tahun pertama (2012) – saat ini (2023) untuk SMA Negeri 84 Jakarta Barat.

[Berikut diantaranya prestasi-prestasi Ekskul Ratoh Jaroe SMA Negeri 84 Jakarta Barat :
1. Juara 1 tingkat SMA se-JABODETABEKdi SMA Hang Tuah 1, tahun 2023
2. Juara Umum 1 tingkat SMA se-JABODETABEK di RJ Cup (MAN 10 Jkt), tahun 2023
3. Juara 2 tingkat SMA se-JABODETABEK di SMA Kharisma Bangsa, tahun 2020
4. Juara 1 tingkat SMA se-JABODETABEK di UIN Psikologi, tahun 2019
5. Juara 1 tingkat SMA se-JABODETABEK di SMAN 33 Jakarta, tahun 2019
6. Juara 1 tingkat SMA se-JABODETABEK di SMAN 51 Jakarta, tahun 2018.
7. Juara Favorite 1 tingkat SMA se-JABODETABEK di Slast Fest (SMA 3 Muhammadiyah)
8. Juara Favorite 2 tingkat SMA se-JABODETABEK di Mall Transpark
9. Juara Apresiasi 2 tingkat SMA se-JABODETABEK di Samerci (SMAN 4 Tangerang Selatan)
10. Juara Harapan 2 tingkat SMA se-JABODETABEK di Twincup, SMAN 29 Jakarta
11. Juara Harapan 3 tingkat SMA se-JABODETABEK di Mall Poins Square
12. Juara Harapan 3 tingkat SMA se-JABODETABEK di Nitrackers (SMAN 1 Tangerang). (sdk)

https://aksigenerasi.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *