banner 728x250

Kurban Idul Adha 1445 H Ramah lingkungan bersama World Clean Up Day Indonesia,Telobag Indo,EnviPlast Ina dan Yayasan Indonesia Hijau

MDI. NEWS – Depok, Limo. Indonesia Hijau Foundation melaksanakan kegiatan ‘Lebih Baik Qurban’ di kantor Sekretariat, Limo-Depok. Bertemakan ‘Tebar Kebaikan Tebar Kebahagiaan’, kegiatan berlangsung pukul 07.30 sampai 14.00 WIB.Hari Selasa 18/06/24.

 

banner 325x300

Jadi rutinitas tahunan saat momen Idul Adha, Indonesia Hijau melaksanakan penyembelihan hewan sampai pendistribusian daging kurban selama 3 hari berturut-turut. Penerima manfaatnya mencakup disabilitas, pra sejahtera (kampung pemulung dan pesisir), yatim dan dhuafa di Jabodetabek. Dan di tahun ini Indonesia Hijau mendapat amanah dari donatur sejumlah 3 sapi dan 27 domba/kambing.

Adapun tamu undangan yang hadir diantaranya Pak Asep selaku Lurah Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok,Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RW dan RT Limo-Depok. Kamis 20/06/24.

 

Fakta menarik di kegiatan ‘Lebih Baik Qurban’ tahun ini, dimana Indonesia Hijau mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan dengan penggunaan kemasan daging yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, Tina (Gabut & Co.) selaku tim CSR Indonesia Hijau berkolaborasi dengan World Clean Up Day Indonesia (Andy Bahari), Telobag Indo dan Enviplast INA yang mensupport kegiatan ini dengan penggunaan besek bambu dan kemasan ramah lingkungan sebagai bentuk peralihan dari plastik.

Kenapa ramah lingkungan? Sebab kemasan terbuat dari kulit singkong yang mudah terurai oleh tanah dan air, sekaligus memiliki unsur nilai ekonomi yang bagus. Bentuknya juga sangat menarik dengan tekstur lembut dan nyaman digunakan.

 

Sebagai informasi, masa penyimpanan bioplastik ini mencapai satu tahun. Produk ini dirancang untuk terurai menjadi karbon dioksida, air, dan biomassa, sehingga mendukung upaya pengurangan limbah plastik dan menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan memilih kemasan bioplastik, kita tidak hanya mendapatkan solusi kemasan yang efektif, tetapi juga turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Mari berkontribusi demi masa depan yang lebih hijau dengan produk berkelanjutan yang mendukung keberlangsungan bumi kita.

 

Untuk lebih jelasnya silahkan klik link laman @statusgabut_on.

Tina sebagai Aktivis Sosial Indonesia Hijau yang Sosialisasikan Kantong Kemasan Ramah Lingkungan di Wilayah Meruyung Depok. Selasa 18/06/24.

Lurah Meruyung Kota Depok Asep Suherman mengatakan, ‘Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan kurban yang dilaksanakan oleh Indonesia Hijau, sudah sesuai dengan surat edaran Walikota Depok bahwa kita melaksanakan kurban tanpa plastik’.

 

‘Alhamdulillah Indonesia Hijau sudah mendapatkan sponsor dari Enviplast INA dan Telobag. Semoga kemasan ramah lingkungan ini bisa digunakan juga oleh panitia kurban lainnya. Saya mengharapkan dengan kurban tahun ini tanpa plastik dapat mengurangi penumpukan sampah yang ada di wilayah kita,’ ujarnya.

Lurah Meruyung Asep Suherman Bersama Jajarannya Menghadiri Acara Lebih Baik Qurban Indonesia Hijau Memberikan Edukasi Kurban Tanpa Plastik Sesuai Surat Edaran Walikota Depok.

” Saya menghimbau kepada masyarakat seluruhnya yang ada di wilayah Meruyung Depok agar lebih peduli lingkungan. Salah satunya dengan pemotongan hewan kurban tanpa plastik, bisa juga dengan besek yang terbuat dari anyaman bambu ini. Satu hal yang perlu diketahui bahwa sampah plastik adalah sampah yang sangat sulit untuk didaur ulang maka surat edaran Walikota harus kita sosialisasikan di masyarakat Depok”, tambahnya.

 

Ketua Panitia Kurban Indonesia Hijau, Sajuli mengatakan Alhamdulillah pelaksanaan event Hari Raya kurban dapat berjalan dengan lancar dan ucapan terimakasih dari Indonesia Hijau kepada tamu undangan yang sudah hadir, yaitu Lurah Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok Asep Suherman, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RW, RT, World Clean Up Day Indonesia, Telobag Indo & Enviplast INA selaku sponsor kegiatan ‘Lebih Baik Qurban’.

 

‘Daging kurban ini akan kita bagikan kepada sahabat disabilitas, yatim dhuafa, dan masyarakat pra sejahtera di kampung pesisir juga pemulung di area Jabodetabek. Semoga para donatur yang sudah menitipkan amanahnya melalui Indonesia Hijau senantiasa diberikan keberkahan dan kebaikan’, ujarnya.

 

Wartawan : Kerry

https://aksigenerasi.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *