banner 728x250
Berita  

Uji Coba Pengaliran Air Minum di IKN Nusantara Berjalan Lancar

Foto: Dok. Kemen PUPR
Foto: Dok. Kemen PUPR

MDINEWS – Penajam Paser Utara,  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni mengawasi uji coba pengaliran air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku ke reservoir induk IKN Nusantara. Uji coba berlangsung dari Sabtu hingga Senin dini hari, 20-22 Juli 2024. Tes ini memastikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku siap melayani kebutuhan air minum di IKN Nusantara.

Foto: Dok. Kemen PUPR
Foto: Dok. Kemen PUPR

Setelah berhasil, tim melakukan pengurasan sistem dan jaringan serta memantau kualitas air. Langkah ini memastikan air minum memenuhi standar kesehatan. Diharapkan pada akhir Juli 2024, SPAM Sepaku siap melayani berbagai fasilitas di IKN Nusantara. “Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum,” ujar Menteri Basuki.

banner 325x300

 

SPAM Sepaku memiliki IPA berkapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi 16 km, serta reservoir dan pipa distribusi 22 km. Tahap pertama akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kemensetneg, Paspampres, kompleks Kemenko 1-4, Amphiteater, Galeri, Area Layanan, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), serta hotel, sekolah, pertokoan, dan rumah sakit. “Kami terus memeriksa kualitas air sebelum masuk ke reservoir. Semoga air minum ini segera bisa dimanfaatkan,” tambah Menteri Basuki.

***

https://aksigenerasi.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *