banner 728x250

Universitas Pelita Harapan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Teknologi Pangan Mengadakan Pelatihan Label dan Jamu Tradisional Kepada Masyarakat Tangsel

MDI. NEWS – Kota Tangerang Selatan. Jombang Agricultural Extension Center, Ciputat, South Tangerang City, Banten, Friday 7 June 2024. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pelita Harapan Tangerang mengadakan kegiatan International Community Service Food Technology Program Pharmacy Study Universitas Pelita Harapan Post Production Aspects Of Herbal Drinks Training At Forum KWT Tangerang Selatan.

banner 325x300

Scientific Herbal Medicine Production Proces Training At Forum KWT Tangerang Selatan. Acara di hadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Tangerang Selatan Ir. Yepi Suherman M.M , Ketua Panitia PKM Fakultas Ilmu Kesehatan Dela, Ketua Forum KWT Tangerang Selatan Agustine .

 

Materi yang disampaikan Oleh Team Universitas Pelita Harapan Fakultas Ilmu Kesehatan dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Kelompok Wanita Tani yaitu Presentation About Labeling And Safety Aspects for Tradisional Products by Ms. Ratna and Team, Presentation About Herbal Medicine Production Process by Mr. Riskiyanto and Ms. Ditha, Practical Session in groups making herbal medicine and Q & A questionnaire.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Tangerang Selatan dalam sambutannya mengatakan Saya sangat bangga kepada Kelompok Tani untuk bisa mengembangkan Ilmunya dalam pengolahan Pangan karena kenapa? Karena Tangsel itu adalah kota metropolitan sangat terbatas lahannya dan hampir 98:persen . Kami mendorong KWT kota bisa memanfaatkan lahan ini untuk pertanian.

Kepala Dinas ketahanan Pangan dan Perikanan Tangerang Selatan Ir. Yepi Suherman M. M Turut hadir Dalam Acara Pelatihan Label dan Jamu Tradisional Universitas Pelita Harapan.

Salah satunya adalah Obat -obatan , Sayur – sayuran. Kami dengan adanya pelatihan ini akan meningkat ilmu pengetahuannya serta mengembangkan kreativitas masyarakat sehinga kita dorong hasil pertanian dari hulu ke hilirnya. karena Tangsel merupakan kota Jasa, saya yakin semangat orang Tangsel pasti bisa tinggal kita dorong untuk mengemas dan membimbing mereka kedepannya.

 

” Kepada Universitas Pelita Harapan ( UPH) kami mengucapkan Terima Kasih sudah bisa bekerjasama dengan Pemerintah Tangsel untuk menyampaikan Ilmunya kepada warga Tangsel untuk bisa lebih pintar ilmunya bisa berkembang terhadap olah olahan apapun yang mereka kerjakan di masyarakat dan saya yakin dengan adanya bantuan dari kampus UPH warga Tangsel bisa dibanggakan kedepannya”, ucapnya.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pelita Harapan Riskiyanto mengatakan bahwa kami sangat bersyukur dan berterima kasih bisa melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat khususnya Komunitas Kelompok Wanita Tani Tangsel dalam kegiatan penyuluhan dan Workshop dalam pembuatan Jamu.

 

Jamu yang kita gunakan adalah daun pepaya Jepang kenapa? Karena daun pepaya Jepang tumbuhan yang banyak tumbuh di masyarakat dan masih sangat kurang manfaatnya digunakan oleh masyarakat. Menurut hasil dari penelitian daun pepaya Jepang Untuk kesehatan yaitu sebagai sumber antioksidan yang kuat.

 

Mengandung senyawa Flavonoid dan Folipenol yang berfungsi untuk melawan Radikal bebas dalam tubuh manusia bisa mengatasi Anemia dan mencegah Kanker. Minggu ( 9 /06/24).

Oleh karena itu hasil dari pelatihan ini saya harapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehinga pemanfaatan tumbuhan pepaya Jepang kedepan sangat besar karena bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan Jamu.

 

” Produk -produk herbal sangat banyak sebagaimana yang sudah dipaparkan dalam presentasi bahwa obat -obat tradisional itu ada beberapa macam , jadi diharapkan Kepada kelompok Wanita Tani bisa tahu mana Jamu yang baik berstandar dan mana yang harus dihindari karena ada over claim. Jadi mana yang sudah terakreditasi di BPOM dan mana Jamu yang harus kita hindari karena tidak melalui uji yang cukup “, tambah Ditha Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pelita Harapan.

 

Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pelita Harapan Megan mengatakan Kami sangat bersyukur Bisa ikut dalam program pengabdian masyarakat dan menjadi pengalaman yang menarik dan Inspiratif, bisa membantu Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani , dan saya sangat bahagia sekali untuk bisa ambil bagian bersama Ibu -ibu KWT sehinga bisa menambah pengetahuan.

 

” Pelatihan hari ini bersama dengan Ibu -ibu Kelompok Wanita Tani bisa menjelaskan bagaimana fungsi pelabelan dalam sebuah produk , karena mungkin ibu -ibu KWT masih ada yang belum mengerti cara mengunakan pelabelan produk . Oleh karena itu kami dari Fakultas Sains Teknologi Pangan ingin menjelaskan bagaimana cara mengunakan Pelabelan yang baik “, tambah Nyoman Denis Surya Putra Mahasiswa fakultas Sains Teknologi Pangan kampus Universitas Pelita Harapan ( UPH).

 

Wartawan : Kerry

 

 

 

 

 

 

 

 

https://aksigenerasi.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *